50+ Ide Bisnis Rumahan / Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

50+ Ide Bisnis Rumahan / Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga | usahakreatif.net – Kebutuhan hidup semakin meningkat, kita memang dituntut harus kreatif agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Banyak orang yang ingin membuat usaha sampingan namun selalu terkendala dengan modal yang harus besar, tidak memiliki toko atau tempat usaha, bahkan yang lebih parah-nya lagi, tidak punya ide untuk membuka usaha apa yang bisa menghasilkan uang.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 50+ Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa Anda geluti sebagai ibu rumah tangga.


Ide Bisnis Rumahan / Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis Rumahan / Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

A. Usaha Kerajinan Tangan

#1. Usaha Kerajinan Tangan Bros Hijab

https://www.fatinia.com/k

Hijab tak dilengkapi dengan bros rasanya kurang lengkap. Apalagi saat ini, hijab bukan saja sebagai tuntutan wajib bagi wanita muslimah, tapi juga sebagai fashion.

Inilah peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan. Apabila Anda punya kain sisa atau kain perca yang tidak terpakai, jangan buang dulu. Kain perca ini bisa Anda sulap menjadi barang-barang cantik dan indah.

Manfaatkan kain bekas ini untuk membuat bros yang cantik dan tentunya juga dengan harga terjangkau. Sedikit kreatifitas dan olah tangan mampu menghasilkan kerajinan tangan yang cantik dan bernilai jual.

Bagaimana cara membuatnya?

Simak artikel Usaha Kerajinan Tangan Membuat Bros Hijab Kain Perca dan Flanel.

#2. Membuat Lampu Tidur Hias Dari Benang Dan Balon

Lampu Hias Bola dan Benang Tanpa Karakter

Lampu Hias Bola dan Benang Tanpa Karakter [img source.]

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga selanjutnya adalah membuat lampu tidur hias dari balon dan benang.

Usaha kreatif ini bisa Anda ditekuni agar mendapatkan penghasilan tambahan dengan hanya bermodalkan kecil saja.

Karya ini termasuk contoh handmade yang memiliki prospek bisnis dan usaha yang sangat menguntungkan dengan modal kecil.

Lampu tidur hias dari balon dan benang ini juga bisa dibuat secantik dan selucu mungkin dengan mengkreasikan berbagai macam karakter. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah dicari dan harganya tidak mahal.

Bagaimana cara membuatnya?

Simak artikel Cara Membuat Lampu Tidur Hias Dari Benang Dan Balon.

#3. Membuat Vas Bunga Dari Botol Plastik Bekas

membuat vas bunga dari botol bekas

Vas Bunga Sederhana

Salah satu usaha kreatif yang bisa ditekuni oleh ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan membuat bunga beserta vas bunga dari botol plastik bekas.

Sebagai wanita, tentunya Anda suka sekali dengan bunga yang berwarna-warni. Berawal dari kesukaan ini, berkreasi dengan membuat bunga dan vas bunga dari barang-barang bekas yang tidak terpakai seperti botol bekas akan terasa menyenangkan.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah dan menguntungkan dengan menjual hasil karya Anda ke masyarakat.

Bagaimana cara membuat bunga dan vas bunga dari botol plastik bekas?

Simak artikel Cara Membuat Vas Bunga Dari Botol Plastik Bekas.

#4. Memproduksi Aneka Bantal Mobil Unik

#5. Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel

#6. Usaha Pembuatan Kaos Dari Kain Flanel

#7. Usaha Memproduksi Tas

#8. Usaha Pembuatan Boneka

#9. Usaha Kerajinan Tempurung Kelapa

#10. Membuka Usaha Kerajinan Rajut

#11. Membuat Kerajinan Tangan Decoupage

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga lainnya adalah Decoupage. Saat ini lagi ngetren istilah Decoupage.. Masih bingung apa itu decoupage? Decoupage berasal dari bahasa Perancis découper yang artinya memotong, decoupage adalah seni menghias benda atau media dengan cara menempelkan kertas atau kain ke permukaan benda tersebut.

Untuk menempelkannya digunakan lem khusus decoupage, yang paling terkenal adalah merek Mod Podge. Namun lem ini sangat mahal dan belum diproduksi di Indonesia. Karena itulah orang-orang mulai mencari alternatif pengganti dengan membuat lem sendiri untuk decoupage.

Proses ini membuat tampilan potongan-potongan kertas yang berbentuk pola atau gambar terlihat seolah-olah dilukis pada objek yang diproses.

Anda bisa mendekorasi objak apa saja termasuk benda-benda di rumah mulai dari vas kecil hingga furnitur berukuran besar.

Kemungkinannya sangatlah banyak. Hebatnya lagi, decoupage ini bisa dipelajari dengan relatif cepat dan hanya dengan beberapa langkah.

Bagaimana caranya? ikuti panduan pada artikel Cara Membuat Decoupage, Seni Menghias Dengan Kertas.

B. Usaha Rumahan Di Bidang Kuliner

#1. Usaha Pembuatan Telur Asin

Usaha Pembuatan Telur Asin

http://lombokita.com

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga selanjutnya adala usaha pembuatan telur asin.

Telur asin merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain enak, juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Telur asin merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Karena tingginya permintaan akan telur asin, maka tidak ada salahnya jika kita mencoba peluang usaha ini.

Sebenarnya pembuatan telur asin sudah diajarkan di sekolah dasar, biasanya dalam mata pelajaran ektrakurikuler. Namun kalau tujuan kita untuk membuka usaha, tentu kita harus mengembangkan sendiri cara pembuatannya dengan berbagai takaran yang pas.

Dengan begitu, telur asin yang kita produksi tak kalah kualitas dan cita rasanya dengan telur asin khas daerah, seperti telur asin Brebes.

Sebenarnya ada beberapa cara dalam pembuatan telur asin ini, jadi sesuaikan dengan selera dan kemampuan Anda. Yang saya bahas disini caranya cukup sederhana, namun hasil telurnya tetap enak.

Bagaimana cara memulainya?

Baca artikel Cara Memulai Bisnis Telur Asin Beserta Analisa Usaha.

#2. Usaha Minuman Jus Buah Segar

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Selain menyehatkan, jus buah segar juga enak dinikmati pada saat cuaca panas, itulah mengapa permintaan pasar akan jus buah tidak pernah mati.

Untuk pada ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan, membuka usaha jus buah segar bisa dijadikan salah satu pilihan bisnis.

Biasanya konsumen Anda adalah orang di sekitaran rumah atau lingkungan Anda. Di udara yang panas dan terik, orang malas untuk keluar jauh-jauh hanya demi segelas jus segar.

Di sisi lain, bisnis ini tergolong simpel. Proses pembuatan jus juga tergolong mudah dan cepat.

Apa saja tips usaha minuman jus buah segar?

Baca selengkapnya di 10 Tips Bisnis Jus Buah Segar Serta Analiasa Usaha.

#3. Usaha Minuman Es Buah

50+ Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

image : ramesiamesin.com

Usaha rumahan minuman es buah ini hampir sama jenisnya dengan pembuatan jus buah dalam hal bahan pokok, namun berbeda dalam penyajiannya.

Selain rasa segar, es buah juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kekebalan tubuh, kecantikan kulit wajah, menyegarkan tubuh serta mencegah datangnya berbagai penyakit.

Karena banyaknya manfaat buah, sudah pasti usaha ini tidak akan pernah mati. Selain itu, usaha ini bisa dijalankan oleh siapa saja, karena termasuk mudah dalam penyajiannya.

Lihat langkah-langkah pembuatan es buah beserta tips dan analisa usahanya di artikel Peluang Bisnis Minuman Es Buah Beserta Tips Dan Analisa Usaha.

#4. Usaha Minuman Susu Kedelai

#5. Usaha Camilan Aneka Gorengan

#6. Usaha Membuka Layanan Katering

#7. Usaha Pembuatan Bumbu Pecel

#8. Usaha Camilan Kue Kering

#9. Usaha Camilan Keripik Bawang

#10. Usaha Camilan Keripik Singkong

#11. Usaha Makanan Cepat Saji Burger

#12. Membuka Warung Sate

#13. Usaha Pembuatan Cokelat

#14. Usaha Pembuatan Tahu Bakso

#15. Usaha Masakan Tradisional Rawon

C. Usaha Rumahan Di Bidang Perkebunan Dan Peternakan

#1. Usaha Budidaya Jamur Tiram

#2. Budidaya Jahe Merah

#3. Budidaya Lele Kolam Terpal

#4. Bertanam Kangkung Organik

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Tanaman Kangkung Darat Organik [img source.]

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga adalah budidaya kangkung darat. Kangkung termasuk dalam jenis sayuran yang sangat populer di masyarakat. Selain rasanya yang enak, kangkung juga mengandung gizi yang tinggi seperti vitamin A,  B dan C serta beberapa bahan minenal seperti zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Karena kebutuhan masyarakat terhadap sayuran ini tergolong tinggi, maka berkebun kangkung menjadi salah satu peluang usaha yang bisa Anda pertimbangkan. Karena selain menguntungkan, tanaman ini juga dapat tumbuh baik sepanjang tahun.

Jenis kangkung jika dilihat dari habitatnya terdiri dari 2 jenis, yaitu kangkung darat atau kangkung air. Kangkung darat dapat tumbuh ditempat yang kering, mempunyai ciri batang lebih kecil serta berwarna putih kehijaunan. Daunnya lebih tipis serta lebih lunak dan memiliki bunga yang berwarna putih bersih. Apabila dimasak, kangkung cepat layu dan matang.

Sedangkan kangkung air biasanya tumbuh di daerah basah seperti sawah, parit, rawa-rawa atau genangan sawah. Kangkung darat memiliki batang yang lebih besar, berwarna hijau gelap, daunnya lebih lebar serta sedikit agak keras. Apabila dimasak, membutuhkan waktu lebih lama dibanding kangkung darat.

Saat ini kangkung darat lebih banyak beredar di pasar-pasar komersil dibanding kangkung air. Budidaya kangkung darat sangat mudah, karena siklus panen cepat dan relatif tahan hama. Karena itulah harga kangkung di pasaran relatif lebih murah dibanding jenis sayur lain.

Bagaimana cara budidaya kangkung? Baca ulasannya di Cara Budidaya Kangkung Darat Organik Beserta Analisa Usaha.

#5. Beternak Ayam Kampung Super

#6. Budidaya / Beternak Burung Lovebird

Cara Budidaya / Ternak Burung Love Bird Bagi Pemula Agar Sukses

Banyaknya peminat burung ini membuat banyak pebisnis meliriknya sebagai suatu peluang yang menggiurkan.

Peluang usaha ternak burung Lovebird termasuk usaha yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Kendala utama yang sering dihadapi oleh pemula adalah :

  • Susahnya membedakan jenis kelamin burung;
  • Sulitnya untuk menjodohkan lovebird pada proses perkawinan karena burung ini termasuk burung yang tidak mau dijodohkan secara paksa;
  • Lovebird betina yang tak kunjung bertelur saat dalam penangkaran padahal usianya sudah cukup dan sudah waktunya bertelur. Bahkan tak jarang indukan betina membuang telurnya;

Padahal sebenarnya, burung ini gampang sekali bertelur saat hidup di alam liar dan hal ini terjadi terus-menerus selama indukan masih dalam masa produktif.

Baca artikel Cara Budidaya / Ternak Lovebird Bagi Pemula Agar Cepat Bertelur.

#7. Budidaya Lobster Air Tawar

#8. Bertanam Cabe Rawit

#9. Budidaya Burung Puyuh

#10. Budidaya Tanaman Anggrek

Cara Budidaya Anggrek Serta Analisa Usaha

Budidaya anggrek menjadi salah satu jenis budidaya tanaman hias yang banyak diminati oleh para penggemar bunga. Dengan keindahan warnanya, bunga ini termasuk bunga kelas tinggi yang begitu indah.

Anggrek memiliki bentuk dan corak bunga yang beraneka ragam. Karena keindahan bentuk dan warnanya ini banyak dikoleksi oleh para penghobi bunga.

Tanaman anggrek merupakan tipe tanaman yang memiliki kecepatan tumbuh relatif lambat, tergantung dari jenis anggrek dan pemeliharaan anggrek itu sendiri.

Untuk memulai budidaya anggrek, Anda harus tahu beberapa hal, mulai dari pembibitan hingga penanggulangan hama.

Baca selengkapnya pada artikel Cara Budidaya Anggrek Serta Analisa Usaha.

D. Usaha Rumahan Di Bidang Jasa

#1. Membuka Usaha Warnet Modal 2 Jutaan

Membuka Usaha Warnet Dengan Modal Kecil

Mungkinkah membuka usaha warnet dengan modal 2 juta rupiah saja? Sangat mungkin.. Tapi konsepnya beda dengan warnet pada umumnya.

Konsep ini biasa dikenal dengan RT RW Net.

Jadi begini..

Dengan konsep ini, Anda tidak perlu menyediakan tempat, perangkat komputer, jaringan LAN dan sebagainya seperti pada umumnya warnet konvensional.

Anda hanya perlu menyediakan sebuah fasilitas Internet Unlimited yang bisa diakses oleh masyarakat di lingkungan Anda dari rumahnya masing-masing. Tentunya juga menggunakan perangkat PC/Laptop atau perangkat smartphone-nya masing-masing.

Hemat modal kan?’

RT RW Net pada dasarnya sama seperti warnet, yaitu sama-sama jual Internet unlimited kepada pelanggannya. Bedanya di sini RT RW net jual internet unlimited-nya melalui jaringan nirkabel.

Berbeda dengan warnet yang dimana pemiliknya harus mempersiapkan PC dan tempat.

Apa saja yang dibutuhkan?

Simak ulasan Membuka Usaha Warnet Dengan Modal Kecil 2 Jutan Rupiah.

#2. Menjadi Penulis Konten (Kontributor) Babe News

Menjadi Penulis (Kontributor) Babe News, Dibayar 50.000 Per Artikel Menjadi Penulis (Kontributor) Babe News, Dibayar 50.000 Per Artikel

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga lainnya adalah menjadi penulis konten.

Ada yang belum pernah dengar Babe News? Babe News merupakan media berita Indonesia yang berisi artikel dari berbagai kategori menarik dan cukup dikenal netizen saat ini.

Babe News bisa diakses pada alamat https://babe.news/menu/home/beritaku, namun secara tampilan akan lebih baik lagi jika diakses melalui perangkat mobile phone atau melalui aplikasi Babe yang ada di Android ataupun di iOS.

Saat ini Babe News menawarkan jasa kontributor menulis artikel untuk diterbitkan di Babe News.

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Kamu suka menulis ?

Manfaatkan hobimu untuk mendapatkan uang hingga jutaan rupiah dengan menjadi penulis artikel di Babe News. Setiap tulisan diterbitkan oleh Babe News, maka kamu akan mendapatkan bayaran sebesar Rp. 50.000,- per artikel.

Wah lumayan besar neh..

Mau lihat bukti yang bikin kamu iri?

Baca selengkapnya pada artikel Menjadi Penulis (Kontributor) Babe News, Dibayar 50.000 Per Artikel.

#3. Mendirikan Bisnis Bimbingan Belajar

#4. Membuka Usaha Jahitan

#5. Bisnis Jasa Penitipan Anak

#6. Bisnis Penitipan dan Mengurus Hewan Peliharaan

#7. Usaha Jasa Pembayaran Tagihan Online

#8. Bisnis Jasa Pembuatan Website

#9. Usaha Sewa Tanaman Hias

#10. Membuka Kios Koran Dan Majalah

#11. Membuka Layanan Cuci Motor

#12. Usaha Penyewaan Mainan Anak

#13. Usaha Pangkas Rambut

#14. Usaha Jasa Laundry

Peluang Dan Persiapan Usaha Bisnis Laundry Kiloan

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga adalah membuka bisnis laudry. Bisnis laundry memang bukan ide usaha baru, namun jangan salah, bisnis ini memiliki potensi yang besar. Buktinya sekarang banyak pengusaha besar dengan modal yang besar pula mulai melirik bisnis ini dengan membuat waralaba (franchise) laundry ini.

Memang banyak keuntungan ikut franchise ini, selain bisa menumpang nama besar suatu merek laundry, Anda juga akan dibimbing untuk mengelola laundry.

Namun paket usaha waralaba ini relatif mahal. Bagi yang pemula dan memiliki modal pas-pasan, ada baiknya mencoba usaha dengan membuat bisnis laundry sendiri.

Bisnis laundry saat ini bukan hal yang asing lagi. Bahkan di kota-kota besar sudah banyak yang menggunakan sistem francise laundry.

Peluang ini muncul karena perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan yang membuat banyak orang contohnya mahasiswa, karyawan dan ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri dan memilih untuk menyerahkannya ke jasa laundry kiloan.

Namun sekali lagi, kalau memang Anda tidak memiliki modal besar, sebaiknya mencoba untuk membuat bisnis laundry sendiri. Karena pada dasarnya usaha ini terbilang cukup mudah. Anda tinggal mencuci dan merawat baju konsumen dengan baik.

Dengan keuletan, strategi dan kiat sukses tentunya bisnis Anda akan sama suksesnya dengan laundry waralaba yang ada.

Bagaimana cara membuka usaha laundry?

Baca artikel Panduan Lengkap Memulai Bisnis Laundry Kiloan Serta Analisa Usaha.

#15. Menjadi Agen Bukalapak

Cara Daftar, Keuntungan dan Kerugian Menjadi Agen Bukalapak

Bukalapak baru saja mengeluarkan program baru semacam afiliasi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi mitra mereka sebagai Agen Bukalapak atau Penggerak Bukalapak.

Sistem kerja agen ini adalah dengan menjual barang apapun yang ada di bukalapak termasuk e-voucher seperti pulsa dan token listrik kepada keluarga atau kerabat yang ada di sekitarmu secara offline. Artinya kamu membantu mereka mencarikan barang yang mereka butuhkan dengan membeli barang yang ada di bukalapak.

Agar Anda lebih tertarik, pertama kali yang saya bahas adalah mengenai apa sih keuntungan menjadi Agen Bukalapak?

Keuntungan Menjadi Agen Bukalapak

Dengan menjualkan barang yang ada di bukalapak, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 3% dari harga barang, dan 5% dari penjualan e-voucher. Selain itu Anda juga akan diberikan akses untuk pembelian pulsa dengan nominal kecil hingga Rp 5.000 dan Rp 10.000,- Untuk provider Indosat, nominal terkecil adalah 10rb rupiah. Akun yang tidak terdaftar sebagai agen tidak diberikan akses untuk nominal terkecil ini.

Hal ini menjadi menarik karena Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus memiliki barang sendiri, sehingga nyaris tanpa modal. Anda cuma butuh perangkat smartphone yang terkoneksi dengan internet, artinya cuma butuh pulsa untuk beli paket data dan kecakapan untuk melakukan promosi bahwa Anda adalah seorang Agen.

Sebarkan informasi keagenan Anda melalui media sosial, group Whatsapp atau BBM dan langsung dari mulut ke mulut.

Jika kamu menemukan barang unik dan menarik dengan harga murah, kemudian barang tersebut besar kemungkinan tidak ada di daerah Anda, Anda bisa mempromosikan barang tersebut ke orang-orang disekitarmu siapa tahu mereka tertarik.

Sebagai informasi, Anda juga diperbolehkan untuk menjual barang dengan harga lebih tinggi dari yang tertera di Bukalapak, tentunya kalau klien-mu setuju.

Baca artikel lengkapnya di Cara Menjadi Agen Bukalapak, Daftar dan Dapatkan Keuntungannya.

E. Bisnis Online

#1. Menjadi Blogger

Panduan Membuat Blog Bagi Pemula Sampai Menghasilkan Uang

Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga berikutnya adalah mejadi blogger.

Menjadi blogger yang sukses merupakan impian banyak orang saat ini. Karena bekerja bisa dilakukan darimana saja, dan kalau berhasil, penghasilannya ga tanggung-tanggung.

Mau jadi blogger sukses?

Baca panduannya di Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Hingga Menghasilkan Uang.

#2. Menjadi Affilate Lazada

Bagaimana Cara Kerja Program Affiliate Lazada.co.id

Anda punya blog? Ingin mendapatkan penghasilan tambahan secara online? Ikuti program affiliasi Lazada, salah satu pusat belanja online terbesar di Asia Tenggara ini!

Gratis..

Masih Awam Tentang Program Affiliasi?

Program Affiliasi adalah program yang memberikan imbalan komisi dalam persentase tertentu jika Anda sebagai peserta program merefer (merujuk) ke sebuah situs web, biasanya melalui text link (tautan teks) atau banner (spanduk gambar/grafis) yang anda letakkan di situs anda.

Dalam kata lain jika seorang pengunjung mengklik tautan teks atau spanduk dan dengan sendirinya dihantarkan ke situs web penyedia produk/layanan tersebut anda akan mendapat imbalan berupa komisi dari mereka. Biasanya untuk ikut serta dalam program afiliasi tidak dipungut biaya apapun.

Anda cukup mendaftar sebagai peserta program dan anda akan dibekali dengan cara-cara untuk membuat tautan afiliasi di situs anda. Sistem afiliasi yang baik juga biasanya menyediakan berbagai tips bagaimana cara memaksimalkan pendapatan anda dari program tersebut tanpa menyalahi norma-norma yang berlaku di internet.

Apa itu Lazada Affiliate Program?

Lazada yang merupakan tempat berbelanja online se-Asia Tenggara, kini menawarkan program affiliasi dengan cara yang mudah untuk mendapatkan keuntungan dari blog/website atau aplikasi Anda.

Affiliasi Lazada memberikan seribu pilihan materi penawaran untuk blog/website atau aplikasi Anda dan link ke jutaan produk diberbagai kategori – diantaranya Electronics, Fashion, Kecantikan, Mainan & Bayi dengan komisi hingga 10% untuk setiap produk yang dijual melalui pengiklanan Anda

Keuntungan Menjadi Affiliasi Lazada

  • Komisi terbesar dalam industri
  • Pendaftaran yang mudah dan aktivasi yang cepat
  • Laporan statistik real-time
  • Konversi terbaik untuk jutaan produk
  • Promo dan Link untuk Aplikasi Mobile
  • Teknologi marketing terdepan
  • Lebih dari 6M USD diberikan ke para Afiliasi pada tahun 2015
  • Dukungan profesional

Mau tau caranya? Baca artikel Program Affiliasi Lazada : Panduan Lengkap Mendaftar Dan Cara Kerjanya.

Demikian artikel 50+ Ide Bisnis Rumahan / Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga,

Semoga bermanfaat..!

admin

Fulltime blogger, ingin menjadi netpreneur sejati & mengelola bisnis secara online agar bisa meningkatkan quality time bersama keluarga.

You may also like...

3 Responses

  1. Avi dama yanti says:

    Wah kreatif ya….

  2. Yuli says:

    Wah jadi tambah wawasan min… makasih infonya…

  3. ina says:

    Hmmm sukak deh baca artikel ini.. nambah bgt wawasankuh👓

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.