Apa Saja Pilihan Bisnis Modal Kecil di Tahun 2019

Memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) saat ini, mendorong lahirnya wirausahawan baru di Indonesia. Mulai dari pengusaha kelas kecil, menengah hingga besar. Semuanya berkembang begitu pesat. Sehingga, banyak memunculkan pilihan bisnis modal kecil untuk Anda yang baru ingin memulai usaha.

Bisnis Offline

Banyak peluang usaha offline yang membutuhkan modal kecil dan bisa dilakukan di rumah. Anda tidak perlu menghabiskan biaya untuk menyewa tempat atau kios, juga tidak harus berkeliling kesana-kemari. Namun tetap harus memperhatikan sasaran konsumen.

Menurut Duwitmu, pilihan bisnis modal kecil adalah:

1. Bisnis Kuliner

Berbicara soal makanan, usaha ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Ini karena tidak akan mengalami kemunduran dalam jangka waktu lama. Namun, yang membedakan adalah ciri khas atau daya tarik dari usaha yang akan Anda lakukan.

Saat ini ada banyak jenis kuliner di Indonesia dengan beragam macamnya. Untuk menjalankannya, cukup menentukan unsur beda atau resep yang menjadi ciri khas usaha Anda dengan penjual lainnya. Walaupun jenis usaha sama, terkadang daya tarik masing-masing berbeda.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini bervariasi. Namun, biaya ini relatif kecil bila mau memulainya dengan skala kecil terlebih dahulu seperti bisnis camilan, makanan ringan ataupun makanan berat.

2. Menjahit

Pakaian atau sandang merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Terkadang orang lebih memilih untuk menjahitkan dari pada membeli langsung di toko baju. Ini karena, tidak semua orang memiliki ukuran dan permintaan model yang tidak sama.

Usaha seperti ini sangat laku terutama di tahun ajaran baru, karena banyak anak sekolah yang menjahitkan baju seragam. Waktu lainnya adalah menjelang idhul fitri. Harga satu jahitan mulai dari harga Rp.50.000,- sampai Rp.100.000,-.

3. Les Privat

Usaha jasa berikutnya ini memanfaatkan salah satu bidang keahlian yang Anda miliki. Seperti komputer, bahasa Inggris, alat musik dan sebagainya atau les mata pelajaran SD hingga SMA. Jika dirasa kesulitan dengan materi ajar, bisa membuka beberapa buku pelajaran atau internet.

Anda hanya perlu menyediakan tempat di rumah, kemudian menerima siswa pendaftar dan mengajarinya sesuai jenis masing-masing. Modal yang dibutuhkan hanya membeli beberapa meja lipat dan papan tulis kecil bila diperlukan.

4. Membuka Warung Sembako

Modal awal yang digunakan cukup mahal, karena harus melakukan persediaan bahan-bahan jualan dalam jumlah banyak. Solusinya adalah, dengan membeli barang sedikit demi sedikit kemudian keuntungan yang didapat bisa digunakan untuk menambah modal usaha.

Secara Online

Pengaruhi keberadaan gadget dan teknologi ini memudahkan Anda dalam berwirausaha. Banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan secara online tanpa harus memakan waktu lama.

Seperti :

1. Jual Pulsa

Modal awal berkisar Rp.200.000,- hingga Rp.300.000,- saja. Anda tidak perlu melayani selama ber jam-jam memakan waktu Anda yang lain. Untuk melakukan promosi, bisa dilakukan dengan cara online melalui beberapa media sosial.

Kekurangan usaha seperti ini yaitu, banyak orang yang suka berhutang. Sehingga, modal banyak tersangkut ke beberapa orang.

2. Jasa Desain

Di era digital sekarang, jenis usaha ini lebih berpeluang atau lebih banyak dicari. Hanya membutuhkan keniatan dan kreatifitas untuk mengaplikasikan ide yang dimiliki, namun sesuaikan dengan kebutuhan klien. Semakin bagus pembuatan desain, pasti banjir pemesanan.

Itu adalah beberapa pilihan bisnis modal kecil yang bisa menjadi referesi Anda untuk membuka usaha. Karena mengandalkan gaji saja tidak akan cukup. Selain itu, masih banyak lagi contoh peluang usaha lainnya.

Demikian Apa Saja Pilihan Bisnis Modal Kecil di Tahun 2019.

admin

Fulltime blogger, ingin menjadi netpreneur sejati & mengelola bisnis secara online agar bisa meningkatkan quality time bersama keluarga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.