Memahami Arti Simbol Pada Pakaian (Bisnis Laundry : Bag 3)

Memahami Arti Simbol Pada Pakaian (Bisnis Laundry : Bag 3) | usahakreatif.net –

Sebelumnya :

Merawat pakaian merupakan kegiatan yang tidak boleh disepelekan, meskipun pakaian tersebut merk terkenal dan berharga mahal, tetap saja memerlukan perawatan yang baik agar lebih tahan lama. Pakaian murah pun terkadang bisa lebih awet bila dirawat dengan benar

Salah satu kunci merawat pakaian yaitu dengan mengenali simbol-simbol yang terdapat pada pakaian, biasanya terletak pada kerah baju atau pinggang celana.


Memahami Arti Simbol Pada Pakaian (Bisnis Laundry)

Simbol yang harus diperhatikan diantaranya :

#1. Simbol Temperatur

Simbol Temperatur

Simbol ini menunjukkan suhu yang dapat ditolerir oleh pakaian tersebut. Ada juga simbol dua tanda panah yang berarti harus di wool-wash dan mungkin harus dicuci dengan mesin khusus.

Bila tidak ada tanda apapun, boleh dicuci secara biasa asal tidak melebihi 40 derajat Celcius.

#2. Simbol Pemakaian Pemutih

Simbol Pemakaian Pemutih

Sebelum memberikan cairan pemutih pakaian, perhatikan simbol pemutih yang digambarkan dengan logo segitiga seperti di atas. Apabila segitiga dicoret, artinya tidak boleh diberikan pemutih pakaian, sedangkan segitiga dengan garis dua di dalam, boleh menggunakan pemutih yang tidak mengandung klorin.

#3. Simbol Pencucian Dengan Mesin

Simbol Pencucian Dengan Mesin

Simbor dengan gambar tangan artinya pakaian tersebut harus dicuci dengan tangan atau manual, tidak boleh menggunakan mesin cuci.

#4. Simbol Dry Cleaning

Simbol Dry Cleaning

Saat mencuci dengan dry cleaning, noda bandel seperti cat atau bahan kimia lainnya bisa dihilangkan dengan lebih mudah. Walaupun demikian, mencuci dengan dry cleaning ini mempunyai efek negatif yang bisa membuat pakaian mengkerut dan warna pakaian memudar.

Bila ada simbol berupa lingkarang disilang, artinya pakaian tersebut tidak boleh dicuci dengan teknik dry cleaning.

#5. Simbol Cara Pengeringan

Simbol Cara Pengeringan

Bila ada gambar satu titik di dalam lingkaran dalam sebuah kotak, artinya pakaian tersebut tidak boleh dikeringkan dengan suhu tinggi.

Pakaian boleh dikeringkan dengan suhu tinggi apabila terdapat dua titik di dalam lingkaran sebuah kotak.

Tanda silang artinya pakaian harus dikeringkan secara manual atau tidak boleh menggunakan mesin.

#6. Simbol Peras Pakaian

Simbol Peras Pakaian

Setelah mencuci, pada umumnya pakaian akan diperas akan lebih cepat kering. Namun ada beberapa jenis pakaian yang tidak boleh diperas. Jika terdapat simbol seperti di atas, artinya pakaian tersebut tidak boleh diperas.

#7. Suhu Setrika

Suhu Setrika

Simbol suhu setrika mirip dengan cara pengeringan, yaitu terdapat gambar titik di tengah. Bila titiknya hanya 1, maka pakaian tidak boleh disetrika dengan suhu tinggi. Simbol dengan titik 2 artinya boleh disetrika dengan suhu hangat. Simbol dengan titik 3 artinya boleh disetrika dengan suhu tinggi.

Itulah simbol-simbol yang biasanya terdapat pada pakaian.

Pada umumnya produsen pakaian sudah mencantumkan simbol-simbol ini pada produk mereka. Sebagai pengusaha laundry, sebaiknya kita harus bisa membaca simbol tersebut untuk menghindari kerusakan dan menjaga keawetan dari pakaian pelanggan kita.

Demikian artikel Memahami Arti Simbol Pada Pakaian (Bisnis Laundry : Bag 3).

Selanjutnya :

admin

Seorang fulltime blogger. Bercita-cita menjadi netpreneur sejati dan mengelola bisnis secara online sehingga bisa meningkatkan quality time bersama keluarga.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *