Cara Daftar, Keuntungan dan Kerugian Menjadi Agen Bukalapak

Cara Daftar, Keuntungan dan Kerugian Menjadi Agen Bukalapak | usahakreatif.net – Baru-baru ini bukalapak mengeluarkan program baru bagi para pengguna setianya yang ingin ikut mendapatkan penghasilan tambahan di bukalapak. Adalah Agen Bukalapak, nama program yang sedang gencar-gencarnya dipromisikan oleh tim marketing bukalapak.com.

Karena itu pada artikel ini saya ingin mengulas tentang apa itu agen bukalapak? Bagaimana cara daftar dan cara kerjanya serta untung rugi menjadi Agen Bukalapak.


Apa itu Agen Bukalapak?

Agen Bukalapak adalah penjual semua produk yang ada di Bukalapak secara offline. Produk yang dijual meliputi semua kategori barang fisik dan non fisik termasuk E-Voucher (Pulsa, Paket Data, Token Listrik dan Voucher Game). Ini menjadi peluang bisnis yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Menarik memang idenya, sekilas agen bukalapak ini tampak seperti sistem afiliasi, namun sedikit berbeda karena di sini kitalah yang mencarikan barang untuk para calon pembeli dan kita sebagai agen akan mendapatkan komisi.

Komisi yang didapatkan terhitung cukup besar, yaitu 3% dari harga barang fisik dan 5% dari E-Voucher. Kemudian sebagai Agen, Anda juga bisa mencari downline atau Agen Bukalapak “berikutnya” yang menjadi agen atas saran atau referal dari Anda. Dari penjualan Agen Downline, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 2% dari harga barang, namun hanya untuk pembelian barang fisik saja.

Bagaimana Cara Menjadi Agen Bukalapak?

Untuk menjadi Agen Bukalapak, ikuti langkah berikut ini :

    1. Buka link Pendaftaran Agen Bukalapak melalui browser smartphone atau PC/Laptop Anda untuk mendaftar menjadi Agen Bukalapak, atau Daftar disini;
    2. Pendaftaran menjadi Agen Bukalapak tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Bukalapak di Android ataupun iOS, harus melalui browser di smartphone atau laptop Anda.
    3. Login dengan akun bukalapak-mu, atau silahkan registrasi jika belum memiliki akun bukalapak.
    4. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data-data diri seperti nomor KTP dan nomor handphone, sedangkan kode referensi bisa Anda abaikan saja.
    5. Centang, kemudian klik Daftar Sekarang;
    6. Setelah itu tunggu konfirmasi e-mail seperti di bawah ini yang akan dikirimkan oleh Tim Bukalapak;
      cara daftar agen bukalapak
    7. Jika sudah mendapat konfirmasi email seperti di atas, selamat.. Anda telah menjadi Agen Bukalapak.

Bagaimana Cara Kerja Agen Bukalapak?

Setelah diterima menjadi Agen, hal berikutnya yang harus Anda ketahui adalah cara kerja Agen Bukalapak serta syarat dan ketentuannya. Ikuti langkah berikut ini :

  1. Login dengan akun Agen-mu, bisa di browser smartphone, PC atau laptop, atau melalui aplikasi Bukalapak yang ada di Android atau iOS;
  2. Beli barang yang dibutuhkan klien-mu, kemudian isi data pembelian seperti alamat dan pilih jasa pengiriman. Untuk pengisian alamat boleh ke alamat Anda atau langsung ke alamat klien Anda, pilih mana yang terbaik  menurut Anda.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan Total Belanja yang harus Anda bayar. Total belanja ini terdiri dari Biaya Pengiriman dan Biaya Administrasi. Jadi tagihkan nilai yang tertera pada Total Belanja kepada klien-mu.
  4. Lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang tersedia di Bukalapak (transfer bank, Indomaret, Alfamart, mobile banking, kartu kredit, dan lain-lain). Khusus untuk pembelian e-voucher seperti pulsa dan token listrik, saran saya lakukan pembayaran dengan BukaDompet, agar pulsa dan token langsung masuk tanpa harus menunggu verifikasi jika dengan transfer bank dan metode pembayaran lainnya.
  5. Setelah transaksi selesai (barang diterima), maka Anda akan mendapatkan komisi yang akan masuk ke BukaDompet.

Contoh Simulasi :

Anda membeli barang seharga Rp 500.000,- (sudah termasuk biaya administrasi), setelah transaksi berhasil dan barang yang sampai kepada klien, maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp 500.000,- x 3% = Rp. 15.000,-

Nilai Rp. 15.000,- ini otomatis akan masuk ke saldo buka dompet Anda. Wah lumayan juga kan ya..

Berikut ini bukti komisi yang saya dapatkan ketika menjadi Agen Bukalapak

bukti komisi agen bukalapak

Demikian cara kerja Agen Bukalapak.

Ada hal yang membuat saya tergelitik untuk membahasnya, yaitu adanya Biaya Administrasi (khusus barang fisik) yang nilainya setahu saya tidak pernah disebutkan berapa persen oleh pihak Bukalapak. Namun saya sudah mencoba untuk membeli barang seharga Rp. 149.000,- ternyata dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 7.450,-

 

Saya jadi penasaran, sebenarnya berapa persen sih biaya administrasi ini? Saya sudah coba hitung, ternyata biaya administrasi ini persis sebesar 5% (5% x Rp. 149.000,- = Rp. 7.450,-) dari harga barang sebelum ongkos kirim.

Di sini yang membuat saya berpikir, ternyata keuntungan atau komisi yang kita peroleh sebesar 3% itu berasal dari biaya administrasi ini, sedangkan sisanya 2% akan beralih ke Upline kita (kalau ada), kalau tidak ada maka 2% ini mungkin akan menjadi milik bukalapak.

Menurut saya wajar saja sih, bukalapak sebagai penyedia medianya yang tentu saja butuh biaya operasional di sana sini.

..itu yang saya duga.

Perlu Anda ketahui, bahwa biaya administrasi ini harus ditanggung oleh pembeli, bukan Anda sebagai Agen. Jadi pastikan Anda sebagai Agen Bukalapak menagihkan seluruh biayanya ke pembeli minimal sebesar Total Belanja yang tertera atau boleh lebih besar dari nilai Total Belanja tersebut (karena selama pembelimu setuju, Anda diperbolehkan untuk menaruh harga di atas Harga Total Belanja untuk mendapatkan tambahan keuntungan dari pembelimu).

Peluang menjadi Agen Bukalapak ini muncul bisa jadi akibat dari kurangnya pengetahuan sebagian orang tentang belanja secara online, atau mungkin juga karena kesibukan yang sangat padat sehingga tidak sempat untuk belanja sendiri, atau mungkin ada hal-hal lain yang membuat seseorang itu butuh jasa orang lain untuk mencarikan barang untuk kebutuhan dirinya.

Disinilah andil si Agen Bukalapak berperan. Oleh sebab itu, tentu wajar kan jika si calon membeli itu dikenakan biaya tambahan?

Namun memang tidak semua pebisnis online setuju dengan cara berpikir di atas. Ada juga yang berpikir justru menjadi agen bukalapak malah menjadi rugi karena malah dikenakan Biaya Administrasi tadi.

Contoh simulasi :

Anda sebagai agen membeli barang senilai Rp. 100.000,- karena dikenakan biaya administrasi sebesar 5%, maka total biaya yang harus Anda bayar adalah Rp. 105.000,-

Jika Anda bisa menjual barang tersebut seharga Rp 110.000, dengan tidak menjadi agen bukalapak, maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 10.000,- (hasil dari mark-up penjualan), sementara jika menjadi agen, maka Anda hanya akan mendapatkan keuntungan sebesar 10.000 – 5.000 (biaya administrasi) + 3.000 (komisi 3% dari harga barang) = Rp. 7.000,-

Jadi sesuai perhitungan di atas, Anda rugi Rp. 2.000,-

Menurut saya sah-sah saja bagaimana cara melihat agen bukalapak ini. Jika Anda memang bisa melakukan mark-up terhadap harga barang, dan pembeli Anda tidak pernah protes atau tidak mau tahu berapa harga barang sebenarnya, maka sebaiknya Anda tidak menjadi Agen Bukalapak.

Namun jika Anda tidak bisa menaikkan harga barang karena konsumen Anda pasti bawel, lebih bijak jika Anda menjadi Agen, karena total harga yang diberikan kepada pelanggan Anda sudah termasuk Biaya Administrasi sebesar 5% dimana 3% akan menjadi hak Anda.

Bagi Anda yang ini mendaftar menjadi Agen Bukalapak, bisa daftar disini.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Agen Bukalapak, bisa baca artikel saya di Cara Menjadi Agen Bukalapak, Daftar Dan Dapatkan Keuntungannya.

Dari tadi yang kita bicara hanya keuntungannya saja sebagai Agen Bukalapak, kira-kira ada gak kerugiannya ya?

..menurut saya ada.

Apa Kerugian Menjadi Agen Bukalapak?

Setelah menjadi Agen Bukalapak, apapun, kapanpun dan untuk siapa pun barang fisik yang Anda beli, pasti akan dikenakan Biaya Administrasi.

Loh? Bagaimana kalau kita sebagai Agen, membeli barang untuk diri kita sendiri?

Ya rugi..

Kenapa bisa rugi? Ya karena Anda juga akan dikenakan Biaya Administrasi sebesar 5% tadi, sedangkan komisi buatmu hanya 3% saja. Berarti Anda akan rugi sebesar 2% dari harga barang.

Contoh :
Anda membeli jam tangan sebesar Rp. 1.000.000,- untuk Anda gunakan sendiri, setelah dikenakan biaya administrasi, maka Total Belanja yang harus Anda bayar adalah Rp. 1.000.000 x 5% = Rp.1.050.000,- (Lebih besar Rp. 50.000,-). Sedangkan komisi yang Anda dapat hanya 3% x Rp. 1.000.000,- = Rp. 30.000,-

Ada selisih sebesar Rp. 20.000,- yang akan menjadi milik upline Anda atau menjadi milik bukalapak. Ini yang maksud saya kerugiannya, sudah pasti Rp. 20.000,- ini akan menjadi kerugian buat Anda sebagai Agen.

Update :
Ada perubahan sistem komisi Agen Bukalapak, perhitungan kerugian di atas sudah tidak berlaku lagi. Bisa Anda baca pada link di akhir artikel ini..

Solusinya bagaimana?

Ya satu-satunya cara cuma berhenti menjadi Agen Bukalapak, atau saran saya sebaiknya Anda membuat akun baru lagi khusus untuk penggunaan pribadi saja, jadi Anda tetap bisa memanfaatkan keuntungan menjadi Agen Bukalapak.

Namun bagi Anda yang tetap ingin berhenti menjadi Agen Bukalapak, ikuti langkah berikut ini.

Bagaimana Cara Berhenti Menjadi Agen Bukalapak?

Bagi Anda yang ingin berhenti menjadi agen bukalapak, mungkin dengan alasan tertentu tidak ingin lagi menjadi Agen Bukalapak, bisa mengajukan pemberhentian dengan cara berikut :

Melalui browser di PC/Laptop :

  1. Login ke akun Agen Bukalapak-mu;
  2. Melalui menu Ringkasan Akun, scroll ke bawah dan temukan “Batalkan Jadi Agen?”;
  3. Ikuti langkah selanjutnya maka Anda akan berhenti menjadi Agen Bukalapak.

Melalui Browser Pada Smartphone :

  1. Login ke akun Agen Bukalapak-mu;
  2. Klik icon people (orang); kemudian pilih Agen Bukalapak;
  3. Scroll ke bawah hingga ketemu seperti berikut :
    Keuntungan Mengajak Orang Lain Menjadi Agen Bukalapak (Komisi Referral)
  4. Klik Batalkan Agen, maka Anda akan berhenti menjadi Agen Bukalapak.

Ayo manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan..

Demikian Cara Daftar, Keuntungan Dan Kerugian Menjadi Agen Bukalapak.

Semoga bermanfaat..!

[Update] :

Ada perubahan sistem komisi Agen Bukalapak dan Komisi Referal. Baca di Perubahan Sistem Komisi Referal Agen Bukalapak Terbaru.

admin

Fulltime blogger, ingin menjadi netpreneur sejati & mengelola bisnis secara online agar bisa meningkatkan quality time bersama keluarga.

You may also like...

19 Responses

  1. Bagi saya jadi agen bukalapak gk ada kerugiannya. Kalau kita beli barang buat kita sendiri ya kita bayar juga pake uang pribadi kita. Anggap kita ini seorang pelanggan yang sedang mencari barang….. agen bukalapak buat bisnis atau penghasilan tambahan, jd uang pribadi sm uang bisnis agen bl di pisahkan dong.
    Sayapun juga seorang agen, kalau saya beli pulsa buat nomor sendiri tetap saya bayar pake uang pribadi.

    • admin says:

      Sip makasi pendapatnya gan..

      • Aal says:

        Apalagi brng y buat sendiri mlh rugi. Klo kita transksi sebagai agen akan dikenakan biaya adm 5%. Misal kita blnja 100.000+adm 5%+ongkir. 5% itu dengan komposisi 3% balik lg ke kita sebagai untung agen dan 2% ke bukalapak. Klo kita beli sebagai customer biasa misal harga 100.000+ongkir saja tanpa ada embel2 adm.

        • admin says:

          Sekarang sistem komisinya udah berubah gan.. Adm 5% dan komisi jg 5% balik ke agen semua. Plus ditambah bonus Amplop.

  2. Helly says:

    Om, mau tanya ni. Saya udah daftar jadi agen bukalapak. Satu kali saya coba transaksi, kenapa belum ada komisi yang masuk ya?

    Trims

    • admin says:

      transaksi apa gan? kl beli pulsa atau e-vucher diakumulasi tiap hari jumat. Kl beli barang tunggu barangnya dikonfirmasi pembeli sudah sampai baru komisi dapet.

      • wage says:

        Bagaiamana kalau barang sudah sampai ke pembeli tapi si pembeli tersebut tidak melakukan konfirmasi ? malah melaporkan kalau barang belum sampai. bagaimana menurut anda gan?

        • admin says:

          Bukalapak membaca tracking pengiriman gan, jadi meski pembeli ga konfirmasi tp menurut tracking pengiriman sudah sampai, otomatis dana masuk ke penjual…

  3. Revien Rezkitama R says:

    Mas/mba admin, saya lagi nyusun skripsi nih terkait tentang Agen Bukalapak. Kira-kira saya boleh minta kontak admin ga ya untuk sedikit nanya-nanya buat bahan di skripsi saya. Terimakasih sebelumnya min.

  4. Govic says:

    Kalo harga di BL lebih murah dari toko online yang lain sich ok ok aza, ni magh gak jauh beda malah terkesan lebih mahal karena ada biaya adm, ya mending belanja di toko online lain lah,,, bye bye BL…

  5. Maya Wiesya Setyoningrum says:

    Iya emang membebani bnget itu biaya admin..ga kaya toko sebelah yg free ongkir

    Jualan token skrng gadpet fee 5% lagi..sediihh

  6. Eugine martini says:

    Sy mau nanya sy ud menjadi buka lapak ada yg mau beli token 500 ribu d pilihan kok cuma 50 ribu ya bagaimana spy pilihannya byk nominal nya tks

  7. Giri says:

    Bang mau nanya serius.barusan ada yg datang kerumah mengaku dari BL. Tidak bilang Agen Bukalapak. Katanya hanya bekerja untuk sosialisasi ttg agen bukalapak.
    Eh ternyata sy update aplikasi BL kok ternyata ada button “Agen BL” yang trnyata tggal daftar aja,gak harus langsung setor dana 50rb ya..

    Yg menjadi pertanyaan ..
    1)apa memang ada marketing dr BL utk sosialisasi ttg menjadi Agen BL??
    2)apakah harus lgsg mengisi saldo min.50rb utk bisa jadi agen??
    3)Bagaimana cara mengetahui siapa referal kita?

    • admin says:

      1. Marketing yang sampai datang ke rumah-rumah rasanya ga ada gan, kecuali secara pribadi mmg mau mengajak orang lain jadi Agen BL;
      2. Ga ada saldo minimal untuk jadi agen gan, langsung bisa jadi agen;
      3. Siapa referal ga keliatan rasanya gan..

      • Ari says:

        Saya juga sama nie gan, didatengin dari buka lapak, dan sudah didaftar sama yg datang dengan data pribadi saya, cuma dari awal pembicaraan saya gk perlu deposit uangnya dulu, tapi dia yg kasih deposit, tapi sampe sekarang klw saya minta dikiriminn deposit gk pernah dikirim, saya mau nanya nie apa keuntungan dan kerugian saya bila didaftarkan sama kordinator bukalapak ini, dan saya gk tau faswort nya, apa nanti klw saya isi saldo sendiri, saldo saya bisa diambil sama dia atau tidak

  8. Ivan Semesta says:

    Menurut saya kok saya rugi ya ikut agen buka lapak. Soalnya begitu kita masuk jd agen, nanti promo dan voucher tdk bsa kita gunakan. Pdhl justru dari promo2 itu saya sering dpt keuntungan lbh banyak. Minimal dapat free ongkir 20rb an. Sedang kalo jadi agen tdk bsa kita dapat free ongkir atau voucher maupun promo laen. Sayangnya lagi, ketika aq keluar dri ke anggotaan, aq masi harus nunggu 7 hari lagi sejak aq keluar untuk mendapatkn promo. Selama itu aq rugi banyak, dan terpaksa harus jualan dgn toko online yg laen. Itu menurut saya, mohon pencerahan kalo saya salah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.