Cara Menjadi Agen Bukalapak, Daftar Dan Dapatkan Keuntungannya


Cara Menjadi Agen Bukalapak, Daftar Dan Dapatkan Keuntungannya | usahakreatif.net – Bukalapak baru saja mengeluarkan program baru semacam afiliasi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi mitra mereka sebagai Agen Bukalapak atau Penggerak Bukalapak.

Sistem kerja agen ini adalah dengan menjual barang apapun yang ada di bukalapak termasuk e-voucher seperti pulsa dan token listrik kepada keluarga atau kerabat yang ada di sekitarmu secara offline.

…artinya kamu membantu mereka mencarikan barang yang mereka butuhkan dengan membeli barang yang ada di bukalapak.

Agar Anda lebih tertarik, pertama kali yang saya bahas adalah mengenai apa sih keuntungan menjadi Agen Bukalapak?

Keuntungan Menjadi Agen Bukalapak

Dengan menjualkan barang yang ada di bukalapak, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 3% dari harga barang, dan 5% dari penjualan e-voucher. Selain itu Anda juga akan diberikan akses untuk pembelian pulsa dengan nominal kecil hingga Rp 5.000 dan Rp 10.000,- Untuk provider Indosat, nominal terkecil adalah 10rb rupiah.

Perlu Anda ketahui bahwa akun yang tidak terdaftar sebagai agen tidak diberikan akses untuk nominal terkecil ini.

Hal ini menjadi menarik karena Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus memiliki barang sendiri, sehingga nyaris tanpa modal. Anda cuma butuh perangkat smartphone yang terkoneksi dengan internet, artinya cuma butuh pulsa untuk beli paket data dan kecakapan untuk melakukan promosi bahwa Anda adalah seorang Agen.

Sebarkan informasi keagenan Anda melalui media sosial, group Whatsapp atau BBM dan langsung dari mulut ke mulut.

Jika kamu menemukan barang unik dan menarik dengan harga murah, kemudian barang tersebut besar kemungkinan tidak ada di daerah Anda, Anda bisa mempromosikan barang tersebut ke orang-orang disekitarmu siapa tahu mereka tertarik.

Sebagai informasi, Anda juga diperbolehkan untuk menjual barang dengan harga lebih tinggi dari yang tertera di Bukalapak, tentunya kalau klien-mu setuju. Sebaiknya sih jangan diberitahu harga sebenarnya.. Hahaha..

Siapakah Target Anda?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda harus tahu siapa target atau pasar Anda. Siapakah mereka?

  1. Orang-orang yang sangat sibuk bekerja, sehingga tidak ada waktu untuk mengurusi hal-hal pembelian secara online;
  2. Orang awam yang kurang paham mengenai pembelian secara online;
  3. Orang-orang yang “malas” untuk melakukan pembelian secara online.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak ingin waktu dan pikirannya tersita hanya untuk melakukan transaksi beli barang secara online, apalagi secara offline. Jika mereka mengetahui bahwa Anda menerima jasa untuk melakukan hal ini, pasti mereka lebih memilih  memakai jasa Anda. Ini adalah tipe orang yang menjadi target potensial Anda yang pertama.

Point kedua, saya sebenarnya tidak ingin mengulas terlalu banyak untuk point ini, tapi memang masih banyak orang-orang yang kurang paham dengan pembelian secara online. Alasan yang paling utama sebenarnya bukan karena mereka tidak ada waktu, tapi karena takut tertipu atau takut barangnya tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Bisa jadi karena kurang mengerti dengan adanya sistem rekening tampungan yang bertujuan untuk meminimalisir penipuan.

Saya sendiri sering bertemu dengan orang-orang yang seperti ini, mereka minta bantuan saya untuk mencarikan barang secara online, tapi sayangnya saat itu belum ada Agen Bukalapak. Hahahaha.. Jadi saya melakukannya karena ingin membantu teman saja. 🙂

Untuk point ketiga, percaya atau tidak, orang-orang yang “malas” ini memang ada. Ini juga berdasarkan pengalaman pribadi. Orang-orang seperti ini akan lebih memilih jasa orang lain daripada harus mengurus sendiri pembelian barang secara online ini.

Entah apa alasannya tapi sepertinya karena mereka belum melihat barangnya secara langsung, jadi berasa kurang greget dan kurang semangat. Pengennya tiba-tiba barang sudah ada saja di depan mereka.

Ketiga tipe orang ini yang Anda harus jeli untuk melihatnya, sehingga bisa memaksimalkan peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


Bagaimana Cara Menjadi Agen Bukalapak?

Setelah membaca tentang keuntungan menjadi Agen Bukalapak, tentunya Anda tertarik dung? Daftar saja gratis kok.. Hehe..

Untuk menjadi Agen Bukalapak, ikuti langkah berikut ini :

  1. Buka link Pendaftaran Agen Bukalapak melalui browser smartphone atau PC/Laptop Anda untuk mendaftar menjadi Agen Bukalapak, atau Daftar disini;
  2. Perlu kamu ketahui bahwa pendaftaran menjadi Agen Bukalapak tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Bukalapak di Android ataupun iOS, harus melalui browser di smartphone atau laptop Anda.
  3. Login dengan akun bukalapak-mu, atau silahkan registrasi jika belum memiliki akun bukalapak.
  4. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data-data diri seperti nomor KTP dan nomor handphone, sedangkan kode referensi bisa Anda abaikan saja.
  5. Centang, kemudian klik Daftar Sekarang;
  6. Setelah itu tunggu konfirmasi e-mail seperti di bawah ini yang akan dikirimkan oleh Tim Bukalapak;
    Menjadi Agen Bukalapak, Daftar Dan Dapatkan Keuntungannya
  7. Jika sudah mendapat konfirmasi email seperti di atas, selamat.. kamu telah menjadi Agen Bukalapak.

Bagaimana Cara Kerja Agen Bukalapak?

Setelah diterima menjadi Agen, hal berikutnya yang harus Anda ketahui adalah cara kerja Agen Bukalapak serta syarat dan ketentuannya. Ikuti langkah berikut ini :

  1. Login dengan akun Agen-mu, bisa di browser smartphone, PC atau laptop, atau melalui aplikasi Bukalapak yang ada di Android atau iOS;
  2. Beli barang yang dibutuhkan klien-mu, kemudian isi data pembelian seperti alamat dan pilih jasa pengiriman. Untuk pengisian alamat boleh ke alamat Anda atau langsung ke alamat klien Anda, pilih mana yang terbaik  menurut Anda.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan Total Belanja yang harus Anda bayar. Total belanja ini terdiri dari Biaya Pengiriman dan Biaya Administrasi. Jadi tagihkan nilai yang tertera pada Total Belanja kepada klien-mu.
  4. Lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang tersedia di Bukalapak (transfer bank, Indomaret, Alfamart, mobile banking, kartu kredit, dan lain-lain). Khusus untuk pembelian e-voucher seperti pulsa dan token listrik, saran saya lakukan pembayaran dengan BukaDompet, agar pulsa dan token langsung masuk tanpa harus menunggu verifikasi jika dengan transfer bank, dll.
  5. Setelah transaksi selesai (barang diterima), maka Anda akan mendapatkan komisi yang akan masuk ke BukaDompet.

Contoh Simulasi :

Anda membeli barang seharga Rp 500.000,- (sudah termasuk biaya administrasi), setelah transaksi berhasil dan barang yang sampai kepada klien, maka kamu akan mendapatkan komisi sebesar Rp 500.000,- x 3% = Rp. 15.000,-

Nilai Rp. 15.000,- ini otomatis akan masuk ke saldo buka dompet kamu. Wah lumayan juga kan ya..

Untuk biaya administrasi memang tidak disebutkan dengan jelas bagaimana perhitungannya, namun saya sudah mencoba untuk membeli barang senilai Rp. 104.000,- ternyata dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 5.200,- Jadi menurut perhitungan saya, biaya administrasi itu besarnya 5% dari harga barang.

Demikian cara kerja Agen Bukalapak.

Berikut ini bukti komisi yang saya dapatkan ketika menjadi Agen Bukalapak

bukti komisi agen bukalapak

Tips lain dari saya

Jika Anda sudah punya akun bukalapak untuk pemakaian pribadi, artinya akun untuk belanja kebutuhan sendiri, sebaiknya membuat akun baru saja khusus untuk menjadi Agen Bukalapak.

Mengapa?

Karena setelah akunmu berubah menjadi akun Agen, maka apapun dan untuk siapa pun barang yang Anda beli, pasti akan dikenakan Biaya Administrasi. Jadi kalau Anda membeli barang untuk kebutuhan sendiri akan dikenakan Biaya Administrasi juga, jadi rugi kan?

Bagaimana jika sudah terlanjur? Anda bisa memilih 2 opsi, buat akun baru lagi untuk penggunaan sendiri, atau batalkan menjadi Agen.

Bagaimana Cara Berhenti Jadi Agen Bukalapak?

Untuk berhenti menjadi Agen, ikuti langkah berikut :

Melalui browser di PC/Laptop :

Login ke akun Agen Bukalapak-mu;

Klik menu Agen Bukalapak, pada pojok kiri atas, kemudian scroll ke bawah dan temukan “Batalkan Jadi Agen”

cara batal jadi agen bukalapak

Ikuti langkah selanjutnya maka kamu akan berhenti menjadi Agen Bukalapak.

Melalui Aplikasi Bukalapak :

Klik menu Akun pada pojok kanan bawah, kemudian pilih Agen Bukalapak.

Ketuk icon People (orang) pada pojok kanan atas, scroll ke bawah kemudian pilih Agen Bukalapak;

Scroll ke bawah hingga ketemu seperti berikut :

cara batal jadi agen bukalapak

Ketuk Batalkan Jadi Agen, maka kamu akan berhenti menjadi Agen Bukalapak.

Demikian cara berhenti menjadi Agen Bukalapak.

Ayo manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan..

Sekian artikel Cara Menjadi Agen Bukalapak, Daftar Dan Dapatkan Keuntungannya.

Share jika bermanfaat..

[Update] :

Ada perubahan sistem komisi Agen Bukalapak dan Komisi Referal. Baca di Perubahan Sistem Komisi Agen Bukalapak.

admin

Seorang fulltime blogger. Bercita-cita menjadi netpreneur sejati dan mengelola bisnis secara online sehingga bisa meningkatkan quality time bersama keluarga.

You may also like...

4 Responses

  1. Sahbudin says:

    Mau tanya dong, ini memastikan aja sih. berarti yang bener bener bebas biaya admin tuh cuma jualan e-voucher aja ya?

    misalnya harga pulsa 25.000, lalu karena bayar di indomaret ditambah 2.500, totalnya tetap 27.500 kan? tidak ada biaya lain ?

  2. Arif Satrio says:

    Kok nilai pulsa simpati berubah-ubah ya..?

    • admin says:

      Iya saya jg mengalami hal yang sama. Nanti coba e-mail admin bukalapak aja deh biar jelas kenapa bisa begitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *