Usaha Menghias Hantaran, Seserahan Dan Mahar Pernikahan


Usaha Menghias Hantaran, Seserahan Dan Mahar Pernikahan | usahakreatif.net – Ditengah carut marutnya ekonomi saat ini, kita memang dituntut untuk lebih kreatif lagi agar bisa mendapatkan penghasilan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Banyak orang yang ingin membuat usaha sampingan namun selalu terkendala dengan modal yang harus besar, tidak memiliki toko atau tempat usaha, bahkan yang lebih parah-nya lagi, tidak punya ide untuk membuka usaha apa yang bisa menghasilkan uang.

Oleh karena itu, di sini saya akan membahas tentang salah satu bisnis kreatif yang menjanjikan dan bisa menjawab semua kendala di atas tadi.

Syaratnya hanya butuh kemauan, usaha dan kreatifitas.

Usaha Kreatif Menghias Hantaran, Seserahan Dan Mahar Pernikahan

img source : @nd_hantarandanmahar

Salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan tersebut adalah membuat hantaran, seserahan dan mahar pernikahan.

Seperti kita ketahui, orang yang menikah tidak akan pernah ada habisnya. Dan sudah menjadi trend saat ini dan ke depan, seserahan/hantaran atau mahar akan dihias sedemikian rupa agar kelihatan lebih menarik.

Namun belum tentu semua orang yang akan menikah, memiliki waktu atau kreatifitas untuk menghias seserahan ini. Kebanyakan mereka lebih memilih untuk mengurus hal-hal lain seperti undangan, dan persiapan pernikahan lainnya.

Disinilah peluang buat kita muncul.

Bisnis ini telah dilakoni sejak lama oleh kerabat saya sendiri, kamu bisa melihat di instagram-nya @nd_hantarandanmahar.

Hasil wawancara saya dengan pemilik @nd_hantarandanmahar, ternyata bisnis ini sangat menguntungkan.

Apa saja keuntungannya?

Tidak butuh modal yang besar.

Modal untuk membuat usaha ini terbilang sangat minim dan bisa bertahap. Karena tentunya kamu ga langsung kebanjiran orderan.

Hanya dengan modal dikisaran Rp. 1.000.000,- s.d Rp 5.000.000,- saja kamu sudah bisa memulai usaha ini. Modal awal ini digunakan untuk membeli bahan-bahan seperti mika atau kaca, pita, nampan, bunga plastik, beberapa boneka kecil dan pernak pernik lainnya.

Menariknya lagi, bahan-bahan ini akan tetap jadi milik kita karena sifatnya hanya dipinjamkan saja ke orang yang menggunakan jasa kita.

Tidak membutuhkan toko atau tempat usaha

Dengan menjalankan usaha kreatif ini kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan biaya membeli atau menyewa toko, karena usaha jasa ini tidak membutuhkan toko atau tempat khusus untuk usaha.

Kamu bisa mengerjakannya cukup di rumah saja.

Mudah untuk dipelajari

Menurut pemilik @nd_hantarandanmahar, usaha kreatif ini terbilang cukup mudah untuk dipelajari. Hanya butuh sedikit usaha untuk belajar, lakukan terus-menerus, tingkatkan kreatifitas, coba melihat karya orang lain namun jangan ditiru, jadikan hanya sebagai referensi. Maka kamu akan berhasil membuat kreasi seserahan/hantaran atau mahar dengan gaya kamu sendiri.

Kamu bisa memanfaatkan internet untuk belajar cara menghias seserahan/hantaran atau mahar ini.

Bahkan di youtube sangat banyak yang memberikan tutorial tentang ini.

Berikut ini contoh tutorial membuat hantaran pengantin bentuk merpati dari pakaian dalam wanita.


Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Seperti yang telah disebutkan di atas, usaha kreatif ini sangat menjanjikan. Dengan modal yang minim, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

Menariknya lagi, modal awal yang kamu keluarkan sebenarnya kembali lagi ke kamu, karena peralatan hiasnya hanya dipinjamkan ke pengguna jasa, setelah selesai akan dikembalikan lagi ke kamu. Namun tentu ada penyusutan karena peralatan hias yang berkurang kualitasnya.


Sementara isi dari seserahan/hantarannya dibeli oleh pengguna jasa atau orang yang akan menikah. Kita sebagai penyedia jasa, hanya perlu menghiasnya saja.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan usaha kreatif jasa menghias seserahan/hantaran ataupun mahar pernikahan ini.

Analisa Usaha Menghias Seserahan/Hantaran Atau Mahar Pernikahan.

Analisa disini menggunakan  8 buah kotak seserahan atau hantaran.

8 buah Kotak Mika : 8 x Rp. 50.000,- = Rp. 400.000,-
Bunga Besar 1 tangkai berisi 3 bunga = Rp. 22.000,-
Bunga Kuncup 20 Buah = Rp. 75.000,-
2 boneka kecil = Rp. 100.000,-
Sangkar untuk buah = Rp. 100.000,-
Tempat cincin dan kalung = Rp. 100.000,-
Pita, gunting, lem tembak dan asesoris lainnya = Rp. 300.000,-

Total biaya : Rp. 997.000,-

Seperti yang telah disebutkan diatas, peralatan hias yang kamu keluarkan ini akan kembali lagi ke kamu dan bisa dipergunakan kembali untuk menghias seserahan berikutnya.

Sementara jasa untuk menghias biasanya sekitar Rp. 50.000,- s.d Rp. 80.000,- per kotak, tergantung tingkat kesulitan dan keinginan dari pengguna jasa.

Dengan perkiraan di atas, keuntungan yang kamu peroleh dari 8 kotak adalah Rp. 400.000,- s.d Rp. 640.000,-

Jika dalam sebulan kamu menerima rata-rata sebanyak 10 orderan saja, maka penghasilan yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp 4.000.000,- s.d Rp. 6.400.000,- per bulan.

Cukup menarik untuk dijadikan usaha sampingan, apalagi untuk ibu rumah tangga sambil mengisi waktu luangnya sehabis memasak. Hehe..

Target Pasar & Promosi

Setelah menyiapkan mental dan bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya tentu promosi.

Langkah awal promosi yang paling efektif adalah dengan memberitahukan usaha kreatif kamu ke keluarga dan kerabat terdekat.

Usaha Kreatif Menghias Hantaran, Seserahan Dan Mahar Pernikahan

img source : @nd_hantarandanmahar

Dengan begitu akan tersampaikan usaha kreatifmu dari mulut ke mulut.

Langkah berikutnya promosikan dengan menggunakan social media seperti instagram, facebook ataupun pinterest bahkan membuat blog.

Kalau kamu bisa ngeblog, apa salahnya membuat blog khusus untuk usaha kamu, ya kan? 🙂

Karena dengan membuat blog, pelangganmu bisa berasal dari mana saja yang sedang mencari jasa hantaran/seserahan lewat mbah google dan sampai ke blog kamu.

Lihat cara membuat blog di Panduan Membuat Blog Gratis Hingga Menghasilkan Uang.

Seperti yang dilakukan oleh pemilik @nd_hantarandanmahar, lakukan promosi dengan memposting foto-foto hasil karyanya di instagram ataupun facebook. Bahkan juga membuat blog di http://nd-wedding.blogspot.co.id/

Follow dan tambah teman orang-orang yang menjadi target pasar kamu. Yang kira-kira akan segera menikah, biasanya di kisaran usia 25 s.d 38 tahun.

Atau bisa juga yang sudah ibu-ibu rumah tangga yang mungkin memiliki anak yang akan segera menikah. 😛

Demikian artikel Usaha Menghias Hantaran, Seserahan Dan Mahar Pernikahan.

Share jika bermanfaat, mungkin temanmu ada yang membutuhkan..

admin

Seorang fulltime blogger. Bercita-cita menjadi netpreneur sejati dan mengelola bisnis secara online sehingga bisa meningkatkan quality time bersama keluarga.

You may also like...

8 Responses

  1. Putri W says:

    Sip mantap informasinya detail sekali..

  2. Angie says:

    Mau tanya kk,, mika nya itu biasa di jual sama set sama bagian bawahnya ga? Atau mika nya itu beli sendiri

  3. Sindra says:

    Kakak harga segitu itu udah plus kotak nya atau blum ya? Makasiih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *